Pengalaman Perdana Upgrade Ram Laptop HP 14-cm0076AU

Hello guys jumpa lagi dengan mimin di blog kita , Teh-Goyang :D

Ok kali ini gue akan membagikan pengalaman gue ketika pertama kali Upgrade Ram , Sebelum Langsung ke Inti adakala nya gue akan membagikan informasi mengenai Merek ,Type dan Spek Laptop gue OK . 

Jadi Laptop gue itu adalah HP 14-cm0076AU , Laptop yang yahh bisa dibilang kelas menengah Lahh :D (bisa dibilang mahal juga buat gue) . Adapun Spesifikasi bawaan pabrik nya yaitu : 


14-cm0076AU
HP 14-cm0076AU

1.Processor : AMD Ryzen 5 2500U dengan Radeon Vega Moblie Gfx

2.OS : Windows 10 Home Single Language

3.Ram : 4 GB DDR4 2666 mhz

4.Bios : f12

5.layar : 14 inchi

6.SSD : 128 GB

7.Hardisk : 1 TB

Laptop ini gua beli bulan April 2019 di Pekanbaru . kenapa gue pilih Laptop tipe ini ?? karna gue (waktu itu) tuh Kuliah jurusan Teknik Informatika , yahh apalagi gue Ambil konsentrasi Multimedia . Kalian tau Apa saja pelajaran di bagian konsentrasi Multimedia ? bikin Animasi 2d/3d , Design Grafis , Bikin Program Web , Aplikasi Android , Editing Sound dan Video . Dan Tentunya gw butuh bangat Laptop Spek kelas Menengah apalagi Software yang gue gunakan itu Berat-Berat , ex : Adobe Photoshop , Adobe Premiere, Adobe After Effect , Blender 3d , Unity , Android Studio , dan lainnya . 

Awal mula pemakaian gw masih normal-normal saja , namun lambat laun ketika software gue sudah makin bnyak ke-Install muncul lah problem Ngelag . dan setelah Searching di gugel, yt dan tanya2 temen . dan gw ambil kesimpulan bahwa Laptop gw ini perlu di Upgrade Ram nya . Ram Bawaan yaitu 4 gb masih belum cukup untuk software yang gue gunakan .

Akhirnya gue memutuskan membeli RAM sodimm DDR4 yang 8 GB . 

Oh ya dalam membeli Ram , ada baiknya kita sesuaikan dulu dengan spek komputer agar ram tersebut bisa kompatibel . 

Untuk itu Kita menggunakan software CPU-Z dalam mencek spek ram bawaan laptop kita . CPU-Z adalah aplikasi untuk cek spefikasi Komputer seperti CPU , Mainboard , Memory , Graphic dll nya . 

Link download software CPU-Z . 

Tahap-Tahap Cek Spek Ram Bawaan Laptop anda :

1.Buka aplikasi CPU-Z

2.Pilih SPD 


3. Nah dari gambar diatas anda bisa lihat secara rinci spek ram bawaan anda . di gambar diatas terlihat type ram adalah DDR4 , dan Speed 2666 mhz

-Cek Type Ram nya , ex ram bawaan Laptop memiliki type DDR4 dengan Speed 2666 mhz , maka kita harus cari yang DDR4 dengan Speed 2666 mhz juga . cek juga apakah ram itu Sodimm (utk laptop) atau Longdimm (PC) . Jadi jangan asal beli yaa .. 

Ok setelah Berpikir-pikir dan konsultasi bahkan minta saran di forum diskusi grup . Akhirnya Gue  memutuskan unutk Beli Ram 8 GB DDR4 2666 mhz dengan Merek Team-Elite . Gue milih merek ini karna ini termasuk merek Populer dan mantab dahh (jarang ada komplain dari pengguna lain) . Harga nya hampir 500 k , kering sudah dompet gue gann :D . 

Btw karna gw beli Online jadi gw sarankan beli di Toko Official saja , biar terjamin ori dan kualitas nya . Setelah 4 hari lamanya menunggu Paket Gue tiba di alamat Rumah (Airtiris) , dan langsung dah tuh gw bongkar ! 

Awalnya gw ragu-ragu mau pasang sendiri atau di upahkan ke orang lain (abis duit lagi dong-_-) . dengan keberanian, modal Obeng dan nonton video tutorial di youtube  "Cara Upgrade Ram Laptop " akhirnya gw memutuskan untuk pasang sendiri (hemat biaya :D) . Btw ini pertama kali nya gw buka cashing body laptop gw. Setelah Gw ikutin tutorial di YT dari awal sampe akhir Alhamdulillah Laptop Gw bisa di upgrade Ram nya :D . Total Ram gw 12 GB ( 4 GB + 8 GB) . Dan yappzz gw makin semngat menggunakan Laptop gw . 



Terimakasih telah membaca pengalaman gue , semoga bermanfaat 
kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan coret2 di kolom komentar ya :D


0 Response to "Pengalaman Perdana Upgrade Ram Laptop HP 14-cm0076AU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel