Arti Games, Jenis-jenis platform games, Games Design, Games Programming, Game Arts

Pengertian GAMES.
Game berasal dari bahasa inggris yang berarti permainan . Dalam setiap game terdapat suatu peraturan yang berbeda - beda untuk memulai permainannya sehingga membuat jenis game semakin bervariasi . Karena salah satu fungsi game yaitu sebagai penghilang stress atau rasa jenuh maka hampir setiap orang senang bermain game baik anak kecil , remaja maupun dewasa , mungkin hanya berbeda dari jenis game yang dimainkannya saja .



Game sendiri memiliki dampak positif dan negatif pada kehidupan yang memainkannya . Contoh dampak positif , misalnya : sebagai penghilang stres karena lelah bekerja seharian , mungkin bermain game tepat untuk menghilangkan penat tersebut . Lalu bagi anak - anak sebagai media untuk menambah kecerdasan otak dan daya tanggap , dan masih banyak lagi dampak positif yang lainnya . Contoh dampak negatif, misalnya : karena terlalu sering bermain game lupa untuk melakukan pekerjaan yang lainnya , sehingga membuat pekerjaan lain menjadi tertunda . Lalu jika bermain game di komputer terlalu lama akan merusak mata , dan lain sebagainya .


GENRE OF GAMES
1.Action
Game Action merupakan permainan dimana pemain menyelesaikan permasalahan dengan membutuhkan kemampuan koordinasi antara pergerakan mata dan tangan pemain.

2.Adventure
Game Adventure merupakan permainan dimana pemain memainkan peran sebagai karakter utama yang memiliki peranan penting didalam sebuah game. Game Adventure biasanya merupakan permainan dimana pemain dapat melakukan eksplorasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar karakter.

3.CDG (Card Driven Game)
Card Driven Game merupakan permainan berdasarkan permainan kartu yang sudah ada dan digitalisasikan ke dalam bentuk game.

4.RAMP (Rhythm Action, Music, Party)
RAMP merupakan permainan bertemakan musik dimana pemain harus melakukan interaksi sesuai dengan beat atau ketukan pada permainan tersebut.

5.RPG (Role Playing Game)
Game RPG merupakan permainan dimana pemain memainkan peran sebagai karakter utama yang memiliki peranan penting didalam sebuah game. Game RPG biasanya berfokus terhadapa cerita dan gameplay yang menarik pemain seakan – akan berperilaku sebagai karakter utama.
Tidak sedikit game RPG memiliki story bra Shooter

6.Game shooter merupakan permainan dimana pemain memainkan karakter yang menggunakan senjata jarak jauh maupun dekat dengan model kamera First person dan Third person. Seperti halnya game adventure, game shooter membutuhkan respon pemain dan koordinasi mata dengan tanga yang cepat.

7.Simulation
Game simulation merupakan permainan dimana pemain peran sebuah profesi dan melakukan peran tersebut dengan pofesional. Game simulation mengambil kegiatan – kegiatan didalam kehidupan nyata dan mendigitalisasikan kegiatan tersebut kedalam bentuk game.

8.Sports
Game sports merupakan permainan olahraga yang digitalisasikan kedalam bentuk game. Game sports tidak hanya merupakan pertandingan dari olahraga itu sendiri, tetapi juga mencakupi pengolaan sebuah tim.

9.Strategy
Game strategy merupakan permainan dimana pemain mengambil peran sebagai strategis didalam sebuah permainan. Game strategy membutuhkan
kemampuan pemain untuk berpikir kritis dan memikirkan sebab dan akibat dari setiap tindakan yang diambil dari beberapa tindakan yang akan mengakibatkan keseluruhan dari permainan tersebut.

10.Puzzle
Game puzzle merupakan permainan dimana pemain memiliki tujuan untuk memecahkan permasalahan atau puzzle yang diberikan.

Fighting
Game fighting merupakan permainan dimana pemain memiliki tujuan untuk mengalahkan musuh dengan mengunakan kemampuan dari sebuah karakter didalam permainan tersebut. Game fighting biasanya merupakan game yang mengandung kekerasan dan memiliki banyak adegan yang dewasa.
nching dimana memiliki jalur dan ending yang berbeda – beda berdasarkan setiap pilihan yang diambil oleh pemain.

KATEGORI GAMES
1.Multiplayer Online
2.Casual games
3.Casual games
4.Advergames

GAMES PLATFORM
1.Board
2.Console
3.Handheld
4.PC / Computer
5.Mobile
6.Web Based


ASPEK GAMES DESIGN

1.Tema dan Suasana (Theme or Atmosphere)
Tema dan suasana merupakan element utama di dalam game designing. Theme meliputi story dan title sedangkan atmosphere meliputi image and emotion.
2.Mekanisme (mechanic)
sekumpulan metode dan aturan yang dirancang oleh game designer untuk berinteraksi dengan status didalam game.
3.System (sistem)
Sistem merupakan sekumpulan game mechanics yang sudah dirancang oleh game designer dan sebagian atau seluruh dari game mechanics sudah digunakan di dalam game.
4.Komponen (Components)
Komponen merupakan kumpulan assets atau gambar yang dipakai sebagai tampilan didalam game.
Batasan (Constraints)
sekumpulan peraturan – peraturan yang dirancang oleh game designer untuk membatasi kebebasan pengguna game tersebut.


GAMES DESIGN CYCLE
1.Conception, 
Gambaran atau hasil pemikiran yang dirancang oleh game designer.
2.Prototype, 
dari hasil rancangan oleh game designer, prototype dapat dibuat oleh game programmer dan game artist.
3.Playtest, 
setelah protoype selesai, prototype itu akan dicobai oleh game designer dan game tester untuk mencari tahu kelemahan dan kelebihan dari game tersebut.
4.Analyze,
dari hasil testing, game designer akan menganalisasi kelemahan dari game tersebut dan memikirkan desain lain yang lebih baik
5.Modify, 
Melakukan modifikasi dan perbaikan kepada prototype berdasarkan hasil desain yang baru dengan tujuan mengurangi kelemahan di dalam game.

GAMES DESIGN DOCUMENT

konsep dari game yang akan dibuat yang dirancang oleh game designer sebagai patokan awal dari pembuatan game.

GAMES PROGRAMMING
sederetan instruksi atau statement dalam bahasa yg dimengerti oleh computer untuk dapat membantu seseorang untuk mengembangkan suatu permainan (games) 



1.Resource Manager
Resource Manager pada game engine mengatur keseluruhan assets yang terdapat pada game. Assets dapat berupa data – data yang digunakan didalam game, seperti: gambar, suara, animasi dan sebagainya.
2.Render Manager
Render Manager pada game engine mengatur tampilan assets yang terdapat pada game. Render memiliki peranan untuk mengambil data di dalam file dan menampilkan pada layar.
3.Input Manager
Input Manager pada game engine menerima input yang masuk sebagai respon dari pengguna. Pengguna dapat memasukan input dengan menggunakan mouse atau keyboard pada komputer, atau sentuhan pada mobile platform.
4.Audio Manager
Berbeda dengan Render Manager yang mengatur tampilan assets yang terdapat pada game, Audio Manager memfokuskan pengambilan assets berupa suara atau sound yang akan diputar pada saat yang telah ditentukan.
5.Error Manager
Error Manager pada game engine memiliki peranan untuk memberikan informasi jika terjadi kesalahan pada proses pemograman atau mengalami bug pada saat dijalankan.
6.Scene Manager
Scene Manager pada game engine memiliki peranan untuk sebagai jembatan antara tampilan dan sound yang telah dikelola Render Manager dengan Audio Manager.
7.Physics Manager
Physics Manager memiliki peranan memberikan laws of physics pada objek didalam game. Contoh: benda yang lebih besar akan jatuh dengan kecepatan yang lebih cepat dibandingkan benda yang lebih kecil.

GAME ARTS
kumpulan dari assets dan sprites yang menjadi tampilan pada layar ketika game dijalankan.
Pembuatan assets berupa gambar atau art dan sprites menjadi tugas utama dari game artist dan menjaga agar assets dan sprites telah sesuai dengan keinginan designer.
Assets & Sprites
??
Aseets
kumpulan dari assets dan sprites yang menjadi tampilan pada layar ketika game dijalankan.
Pembuatan assets berupa gambar atau art dan sprites menjadi tugas utama dari game artist dan menjaga agar assets dan sprites telah sesuai dengan keinginan designer.
Sprites
kumpulan gambar berupa satu karaker atau objek yang tersusun secara rapi yang memiliki gerakan yang berbeda – beda. 
Sprites adalah assets yang dibuat oleh game artist berdasarkan rancangan game designer pada tahap design dan assets tersebut akan diberikan kepada game programmer untuk dimasukan kedalam game.

DIVISION ON GAMES DEVELOPMENT


Terimaksih telah berkunjung Semoga bermanfaat..

0 Response to "Arti Games, Jenis-jenis platform games, Games Design, Games Programming, Game Arts"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel