Mengenal Apa Itu Software Blender 3d?

Pengenalan Blender

Blender Adalah perangkat lunak perangkat grafik komputer Bersifat open source dan 3D yang dikembangkan oleh Blender Foundation. Perangkat Lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model 3D dan permainan video. Ini tersedia di Windows, Mac OS, dan Linux.

Di aplikasi ini kita menggunakan klik kanan untuk memilih objek sedangkan klik kiri digunakan untuk center atau pusat tampilan dari jendela yang kita gunakan .Secara default, tampilan awal dari blender adalah sebagai berikut ini.


Sebelum melangkah lebih jauh tentang permodelan , ada baiknya kita harus mengerti tool-tool apa saja yang terdapat pada blender beserta fungsinya

3D View : Merupakan tempat setiap objek 3D di tampilkan. Jendela paling utama dan paling penting saat kita melakukan permodelan. Dari jendela ini, kita bisa melihat objek yang kita buat dari berbagai sisi. Untuk mempermudah penggunanya, blender telah mempersiapkan template untuk melihat sudut pandang yang dapat kita akses dengan menggunakan mouse maupun keyboard (dalam hal ini numpad).

Numpad :

Selain itu , juga bisa menggunakan jalan lain , dengan klik view pada header. Dengan contoh sebagai berikut . 


Untuk mengaktifkan numpad tekan menu File > User Preference . atau dengan shortcut  (ctrl + alt + U) . 
Kemudian Klik Input > Emulated Numpad . 

Mouse: Zoom in dan Zoom out dengan memutar Scroll yang ada. Memutar tampilan dilakukan dengan menekan Scroll mouse. Menggeser tampilan dengan cara menekan Scroll mouse dan shift. 

Button windows : Di sini, kita akan menemukan hampir semua fungsi yang dapat kita gunakan untuk melakukan pengeditan pada objek yang kita buat serta hasil yang akan kita tampilkan. Baik itu tentang pewarnaan , texturing  , lighting , serta pengaturan latar dan hasil akhir yang ingin kita capai. 

Header : Semua jendela yang terdapat di blender pasti mempunyai header. Isi dari header dapat berubah – ubah sesuai dengan isi dari jendela yang kita tampilkan, misalnya saja pada jendela 3D view, kita dapat menemukan pilihan-pilihan yang berkaitan dengan visualisasi, manipulasi objek serta seleksi. 

Menu : Memiliki fungsi selayaknya aplikasi-aplikasi lain, yaitu fungsi yang meliputi penyimpanan file, export dan import file, render, serta terdapat juga menu help jika kita mengalami kesulitan 

Windows dan Menu Selain 3D View dan Button Windows, sebenarnya blender masih memiliki banyak jendela lain yang dapat kita manfaatkan dan kita pelajari, meskipun pemakaiannya tidak sesering 3D view maupun button windows. Beberapa jendela lain yang sering di gunakan adalah file browser, text editor dan timeline. Untuk mengganti windows yang sedang kita lihat dapat kita lihat pada bagian kiri bawah seperti  gambar berikut ini. 


tentu saja dari masing-masing jendela mempunyai fungsi  sendiri . fungsinya sebagai berikut :  

1. Timeline    : sebagai garis waktu untuk animasi.
2. Graph Editor    : melihat alur  curve pengaturan gerakan animated. 
3. DopeSheet    : wadah untuk keyframe dalam pembuatan animated. 
4. NLA Editor   : untuk pengaturan penggabungan animated ganda. 
5. UV/Image Editor  : untuk mapping / texturing. 
6. Video Sequence Editor : untuk input sound. 
7. Movie Clip Editor  : untuk edit movie. 
8. Text Editor   : untuk edit text / script. 
9. Node Editor   : untuk compose effect. 
10.Logic Editor    : untuk pembuatan Logic Game. 
11.Propertis   : Menu propertis object. 
12.Outliner   : melihat object yang aktif pada view port. 
13.User Preferences   : Pengaturan software. 
14.Info    : hanya sebatas informasi. 
15.File Browser   : untuk input File 
16.Phyton Console  : untuk pemrograman Script dengan Phyton.

Macam-macam Object   Ada banyak object yang disediakan blender. Untuk membuat sesuatu apa yang kita inginkan menjadi lebih terlihat. Untuk memanggil toolbox object , klik Add . perhatikan gambar berikut. 


Selain itu , bisa juga dengan cara cepat . dengan menekan shortcut Shift + A .  Dalam toolbox terdapat object-object yang dapat kita gunakan. Dan kita bisa menggunakan tergantung kebutuhan kita. 

 DOWNLOAD SOFTWARE BLENDER  versi 2.79 : download
atau kunjungi official blender https://www.blender.org

0 Response to "Mengenal Apa Itu Software Blender 3d?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel